Rabu, 29 Januari 2014

Apa sih tekokak itu?

Hay ketemu lagi nih sama gw, oh ya kali ini gw mau ngeshare pengalaman gw tentang tekokak.

Apa sih itu tekokak?

Takokak atau terung pipit adalah tumbuhan dari suku terung-terungan yang buah dan bijinya dipakai sebagai sayuran atau bumbu.
Takokak adalah tumbuhan semak kecil, yang tingginya dapat mencapai 5 m. Namun biasanya, kurang dari 2 m. Hampir semua bagian tumbuhan ini berduri, kecuali hanya buah yang ditutupi rambut.  Daunnya bulat telur dengan pangkal seperti jantung atau membulat, dengan ujung yang tumpul. Panjang daun 7-20 cm dan lebarnya 4-18 cm. Tangkai perbungaannya pendek, sering bercabang-cabang dan banyak bunganya. Bunganya berbentuk bintang berwarna putih, yang ditengahnya kuning. Buahnya berjenis buah buni, kecil, dan banyak. Kalau di medan itu namanya rimbang.

Kaya gini nih buahnya






Langsung to the point aja ya, jadi beberapa bulan yang lalu gw disaranin sama mama buat minum jus tekokak, katanya tekokak itu bagus buat mengurangi minus pada mata. Awalnya min gw itu 2,75 terus gw rutin tuh minum jus tekokak ya 3 kali seminggu. Emang sih rasanya agak pahit tapi khasiatnya itu bagus banget lohh. Sebulan kemudian  gw cuma iseng-iseng buat ngecek mata gw dioptik deket rumah gw, eh ternyata  Puji Tuhan setelah gw minum kira-kira udah 10 kali  minum jus itu eh minus gw berkurang 0,25.
Kalau minum  rutin seminggu 3 kali selama sebulan aja bisa ngurangin minus 0,25 gimana  kalau rutin selama 3 bulan ya?  
Akhir-akhir ini gw udah jarang minum tekokak karna lupa+males+ ga sempet bikinnya hehe :p. Tapi mungkin ini bisa jadi cara untuk mengatasi mata minus atau sekedar ilmu pengetahuan kalian aja :D

jadi buat kalian yang mau mengurang mata minus bisa minum jus tekokak :D

Oh ya kalau gw juga akan ngeshare tentang cara bikin jus tekokak nih gw kasih tau caranya.
1.   Pertama pisahin buah tekokak dari batang nya
2.    Cuci tekokak sampai bersih
3.    Ambil kira-kira satu genggam tekokak dan taruh ke blender
4.   Tambahkan kira-kira satu gelas kecil air putih, biar lebih seger bisa ditambahkan sama es batu
5.   Blender kira-kira 5 menit
6.   Saring jus tekokak biar ga ada ampas nya
7.   Tekokak siap diminum

Oh iya sekedar info aja kalau tekokak ga boleh terlalu sering diminum (3 kali atau 2 kali seminggu), dan ga boleh banyak-banyak cukup satu genggam tangan buah tekokak  aja setiap sekali minum.

Oh iya kalau masih bingung cara bikin jus tekokak nya bisa komentar di postingan ini atau bisa tanya2 lewat media sosial 
Facebook: Junita Siagian
Twitter    : @junitaaa_

Oke sekian dulu postingan gw kali ini semoga bermanfaat dan selamat mencoba :D

Thanks for visit...


Bye...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar